UKM membutuhkan Akuntansi

Perkembangan suatu bisnis pasti akan diikuti oleh perkembangan pengelolaan yang semakin komplit. Perkembangan bisnis akan semakin positif jika suatu bisnis bisa mengelola secara optimal tiga pilar utama dalam bisnis tersebut yaitu, Pemasaran, Operasional dan Keuangan. Tentu kita sadar benar bahwa ketiga hal ini akan semakin komplit tak kala bisnis tersebut terus berkembang. Andai kita ibarat kana bisnis adalah tubuh manusia, maka pemasaran akan menjadi nafasnya perusahaan dan operasional adalah detak jantungnya. Tentu tak kalah pentingnya adalah aliran darah yang kita analogikan sebagai keuangan.

Berbicara pengelolaan keuangan dalam sebuah bisnis bukan lah sebatas uang masuk dan uang keluar, sekalipun untuk bisnis dalam kategori UKM. Namun pengelolaan keuangan merupakan bagaimana memanfaat seluruh sumber daya dalam mencapai tujuan bisnis. Sumber daya bisnis merupakan seluruh yang dimiliki oleh perusahaan, baik dalam katagori kas, inventori, equipment produksi dan kantor. Pengelolaan tagihan dan pengelolaan pembayaran kewajiban, Tentunya semua itu harus benar-benar mampu dimanfaatkan secara optimal dalam artian efesien dan efektif. Disinilah terlihat pentingnya penerapan sistem akuntansi.

Walaupun bisnis bukan korporasi, yang tidak memerlukan pertanggungjawaban terhadap pihak eksternal. Namun akuntansi tidak hanya berbicara pertanggung jawaban untuk eksternal, tetapi yang perlu dilihat adalah bagaimana akuntansi mampu menyediakan informasi sebagai alat-alat pertimbangan dalam pembuatan keputusan terhadap kinerja yang lalu maupun kedepannya.

Laporan keuangan sebagai produknya akuntansi setidaknya mampu menggambarkan bagaimana perusahaan sudah memanfaatkan sumber daya. Selain itu laporan keuangan juga mampu menunjukkan pencapaian. Sehingga laporanĀ  keuangan lebih jauh, menggambarkan hubungan dari pemanfaatan sumber daya ekonomis dengan hasil dari pemanfaatan tersebut. Secara lebih rinciAkuntansi mengungkapkan berapa penyusutan atas asset jangka panjang yang dikorbankan dalam satu periode.Laba rugi yang diperhitungkan merupakan pengurangan pendapatan atas beban-beban yang ditanggu, bukan uang masuk dikurangi dengan uang keluar.

Pengukuran manfaat ekonomis ini mencakup seluruh kekayaan yang digunakan, dan kewajiban yang ditimbul yang akan mengakibatkan pengurangan kekayaan dimasa akan datang. Termasuk disini bagaimana mengperhitungkan sewa tempat usaha yang harus diperhitungkan.

Berapa beban yang terjadi pada periode yang harus dibayar pada periode berukutnya.Salah satu hal yang diperhatikan dalam pengelolaan keuangan adalah hubungan antara kekayaan pribadi pemilik dengan kekayaan perusahaan yang dimilikiPenerapana akuntansi dilakuakn dengan asumsi economic entity dimana dalam pelaporan harus adanya pemisahan antara kekayaan pribadi pemilik dengan keayaan perusahaan

Dari uraian di atas, dapat dilihat akuntansi memegang peranan penting dalam tubuh kembangnya suatu entitas sekalipun mikro.

Akunting.Net

Weblizar Creators of Premium WordPress Minimalist WordPress Themes For Creatives