Pentingnya Bagi Sebuah Bisnis

audit internal memiliki anrti yang sangat penting bagi pengendalian dan evaluasi kinerja suatu entitas. Secara sederhana dapat dilihat bahawa audit internal sebagai suatu kegiatan untuk memastikan setiap aktivitas opersional dijalankan sesuai dengan standar perusahaan dan dilaksanakan dalam rangka mencapai tujuan. Secara sistematis Institute of Internal Audit (IIA) mendfinisakan audit internal sebagai adalah aktivitas independen, keyakinan obyektif, dan konsultasi yang dirancang untuk menambah nilai dan meningkatkan operasi organisasi.
Dari pengertian yang diberikan oleh IIA tersebut dapat digaris bawahi bahwa audit internal dilaksanakan untuk menambah nilai dan meningkat operasi perusahaan. Hal ini bisa dicapai dengan mengvaluasi pengendalian dan proses tatakelola.
Dengan melaksanakan audit internal ini, pihak top manajemen dan pemilik bisnis dapat:
1. Memastikan kebijakan dan prosedur perusahaan dilaksanakan sepenuhnya
2. Menilai sejauh mana pelaksanaaan dan keberhasilan dari rencana-rencana yang telah dibuat.
3. Memastikan seluruh harta perusahaan dipertanggungjawabkan dan dilindungi dari segala resiko baik kecurangan, kelalaian maupun penyalahgunaan
4. Mengukur mutu setiap devisi/bagian dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab
5. Memastikan sistem pengelolaan data menghasilkan informasi yang dapat dipercaya, relevan, dan objektif.
6. Menyarankan perbaikan-perbaikan operasional untuk meningkatkan efesiensi dan efektivitas
Dari keenam tujuan audit diatas memberikan gambaran sangatlah penting bagi sebuah perusahaan untuk melaksanakan audit internal guna memastikan perusahaan tersbut terus tumbuh secara sehat dan konsisten.